WangSit

Wuku Sinta Minggu Pahing 23 Oktober 2022 Kolaborasi Bisnis Peternakan

Gambar
Watugunung, gugur. Mitologi pawukon ( astrology ) kali ini akan membuka kembali pemaknaan atas rotasi waktu, karakter orang, dan karakter hari . Wuku Sinta adalah wuku ( zodiac ) pertama dalam siklus pawukon ( astrology ). Dalam urutan zodiak Yunani,  Wuku Sinta  setara dengan zodiak  Aries  yang menempati urutan pertama. ~ Manuskrip Pawukon ~ Masing-masing wuku juga mempunyai pasangan mitologis seperti halnya zodiak. Mitologi Yunani kuno menyatakan, zodiak Aries berpasangan dengan Dewa Ares, sedangkan mitologi pawukon memberikan gambar-gambar simbolik bahwa wuku Sinta berpasangan dengan Bathara Yamadipati.  Untuk mengetahui tanggal kelahiran Anda termasuk dalam siklus Wuku Sinta atau tidak, Anda bisa menghitung sendiri melalui situs  BabadBali.com .  Data kelahiran Anda secara otomatis akan terkonversi pada wuku tertentu.  Mitos Dewa Ares dan Bathara Yamadipati mempunyai kemiripan karakter yakni sama-sama berkarakter pencabut nyawa. Dewa Ares mencabut nyawa orang melalui pertempuran,

Minggu/Wuku Maktal 20-26 September 2015: Berpasangan Ideal dalam Pilkada dengan Sinta-Galungan, Bercincin Meteor Hitam

Mpu Totok Brojodiningrat (kiri)
Ritual di Hutan Krendawahono, situs bersemayamnya Sang Durga Batari
tempat bertapa Nyai Calon Arang

Wuku Maktal, dalam minggu ini masuk "Mongso Kapat".


Candrane "Waspo Kumembeng Jroning Kalbu". Mangsane tuk podho mampet lan sumur podho asat. Wit randu wiwit pentil. Manuk manyar gawe susuh. Bayi ing mongso iki watakke resikan. 

Artinya: "Air mata duka menggenang dalam telaga hati" Sumber sumber air banyak yang tidak keluar air, sumur kekeringan. Pohon randu/kapuk mulai berbuah, burung manyar membuat sarang. Bayi yang terlahir pada mongso ini wataknya suka akan kebersihan.


Bathara Sakri, Simbol Minggu/Wuku Maktal

Wuku Maktal saat ini durasi dari tanggal 20 September ~ 26 September 2015 (Minggu paing ~ Sabtu pon). Gambar karakter hari dalam wuku dan posisi "Bathara Kala" ditampilkan berikut ini dan disertai uraian/penjelasan berdasarkan hari. Uraian diawali pada gambar "kijang" yang mensimbolkan hari Minggu, seterusnya gambar "matahari" sebagai simbol hari Senin.

Karakter Hari dan Posisi "Bathara Kala",
Minggu/Wuku Maktal
Tanggal 20 September 2015 (Minggu paing): Tidak baik untuk membuat segala bentuk perjanjian utang piutang. Akan menyisakan masalah di kemudian hari pada kedua belah pihak.

Tanggal 21 September 2015 (Senin pon): Tidak baik untuk melakukan perjalanan penting.

Tanggal 22 September 2015 (Selasa wage): Hari ini Bangas Padewan, juga Lebu Katiyub Angin. Tidak baik untuk hajad penting, seperti mantu/pernikahan, boyongan rumah, kantor. Tidak baik untuk memulai suatu pekerjaan bangunan, seperti perumahan, pertokoan, perkantoran, apartement, perhotelan dan lain sebagainya. Untuk melakukan bepergian banyak sialnya.

Tanggal 23 September 2015 (Rabu kliwon): Sangat baik untuk kembali menjalin tali persaudaraan, urusan dibidang pangan banyak rejeki.

Tanggal 24 September 2015 (Kamis legi): hari ini adalah Kolo, banyak kebohongan dan kekecewaan bagi yg melakukan suatu perjalanan jauh, dibelahan dunia terjadi tragedi didarat yang sangat memilukan dan miris di hati...

Tanggal 25 September (Jumat paing): Jangan mencairkan kredit, tidak baik untuk melakukan perjanjian kerja. Yang melakukan perjalanan jauh cenderung berseteru.

Tanggal 26 September 2015 (Sabtu pon): Merekrut tenaga kerja atau pegawai bagus. Menjalin persaudaraan sangat bagus.

Wuku Maktal, dewanya Batara Sakri.

Kayunya: Wit Nagasari.
Burungnya: Ayam Alas. Manis senyum dan tutur katanya, disukai banyak orang. Pengabdiannya diterima dan meninggalkan sejarah. Pangkat, derajat dan harta didapatkan pada waktu yang bersamaan. Berhati  lapang.
Celakanya: jika berkelahi. Kolo/apes: berada di Timur laut. Selama 7 (tujuh) hari jangan melakukan perjalanan jauh kearah Kolo.

Ilustrasi: Wuku Maktal
Sumber: Koleksi Museum Brojobuwono, Karanganyar, Jateng

Wuku Maktal, keris yang cocok antara lain: Keris dapur Jalak ngore, keris dapur Jalak sangu tumpeng, keris dapur jalak dingding/jinjing, keris dapur Jalak Tilam sari, keris dapur Condong campur, keris dapur Panimbal.

Ilustrasi: Keris dhapur Jalak, Tangguh Singosari
Koleksi Foto: Sigit Yunarka (Klaten)

Batu permata dan batu akik yang cocok bagi wuku Maktal, antara lain: Meteor hitam, Intan, kecubung wulung, mata kucing (cat eye).

Pasangan Ideal bagi wuku Maktal dalam Pilkada: wuku Sinta dan wuku Galungan.***

Ilustrasi: Kompas Wuku
Posisi Wuku Maktal berada di Timur Laut





Komentar

Baca Juga:

Minggu Wuku Warigagung (21-27 Juni 2015): Netralisir Enerji Negatif, Membuat Pusaka, dan Perburuan Batu Mulia

Minggu Wuku Kurantil, 24-30 Mei 2015, Kehati-hatian Berniaga, Antisipasi "Nuju Pati"

Wuku Prangbakat Tanggal 4-10 September 2022 Ketahanan Pangan

Minggu/Wuku Julung Pujud, 9-15 Agustus 2015: Kehati-hatian Menyusun Strategi Politik

Minggu Wuku Warigalit, 14-20 Juni 2015, Berburu Batu Akik dan Tirakat "Pilkada"

Minggu WUKU KURUWELUT (25-31 Januari 2015): SATRIA WIRANG dan TALI WANGKE: 25-31 Januari 2015

Wuku Sinta Minggu Pahing 23 Oktober 2022 Kolaborasi Bisnis Peternakan

Minggu WUKU PAHANG DAN FILOSOFI KERIS, 18-24 Januari 2015

Minggu/Wuku Pahang 16-22 Agustus 2015: Pasangan Ideal dalam Pilkada (Pahang, Wugu dan Gumbreg)

Minggu Wuku Sinta, 3-9 Mei 2015, Membuka Peternakan Skala Besar