WangSit

Wuku Sinta Minggu Pahing 23 Oktober 2022 Kolaborasi Bisnis Peternakan

Gambar
Watugunung, gugur. Mitologi pawukon ( astrology ) kali ini akan membuka kembali pemaknaan atas rotasi waktu, karakter orang, dan karakter hari . Wuku Sinta adalah wuku ( zodiac ) pertama dalam siklus pawukon ( astrology ). Dalam urutan zodiak Yunani,  Wuku Sinta  setara dengan zodiak  Aries  yang menempati urutan pertama. ~ Manuskrip Pawukon ~ Masing-masing wuku juga mempunyai pasangan mitologis seperti halnya zodiak. Mitologi Yunani kuno menyatakan, zodiak Aries berpasangan dengan Dewa Ares, sedangkan mitologi pawukon memberikan gambar-gambar simbolik bahwa wuku Sinta berpasangan dengan Bathara Yamadipati.  Untuk mengetahui tanggal kelahiran Anda termasuk dalam siklus Wuku Sinta atau tidak, Anda bisa menghitung sendiri melalui situs  BabadBali.com .  Data kelahiran Anda secara otomatis akan terkonversi pada wuku tertentu.  Mitos Dewa Ares dan Bathara Yamadipati mempunyai kemiripan karakter yakni sama-sama berkarakter pencabut nyawa. Dewa Ares mencabut nyawa orang melalui pertempuran,

Minggu Wuku Wuye, 1-7 Maret 2015: Pantangan Impor Sapi, Perkuat Tali Persaudaraan


Mpu Totok Brojodiningrat
Padepokan Keris Brojodiningrat, Surakarta


Mpu Totok Brojodiningrat bersila memangku Bakalan/bahan keris
saat ritual membabar keris pusaka untuk Bpk. Jusuf Kalla
Candi Cetho, Gunung Lawu, Jawa Tengah, 2014.

Wuku Wuye, dibawah pengaruh Batara Kuwera, merupakan Dewataning Pesugihan (kekayaan). Durasi Wuku Wuye dari tanggal 01 Maret ~ 07 Maret (Minggu Wage ~ Sabtu Kliwon) 2015.

Bathara Kuwera, Wuku Wuye
Didalam wuku Wuye ini, terdapat 2 (dua) hari Satriya Wirang dan hari Tali Wangke. Walaupun dibawah pengaruh Batara Kuwera/dewanya kekayaan, akan tetapi para pemangku kepentingan Kewirangan/malu besar, dikarenakan hajad mendasar hidup orang banyak/rakyat yaitu bahan makan pokok sangat melambung tinggi fantastis diluar nalar.

Simbol Rotasi Wuku Wuye

Tanggal 01 Maret (Minggu Wage) 2015: Baik untuk melakukan bakti sosial, akan banyak manfaat bagi yang menerima atau tepat sasaran, memberikan sumbangan dalam bentuk apapun akan sampai alamatnya demikian juga dengan pesan moralnya. Wataknya hari adalah Rahayu.

Tanggal 02 Maret (Senin Kliwon) 2015: Tidak baik. Hari ini selain Satriya Wirang (mendapatkan malu besar) juga merupakan hari Tali Wangke (Tali Bangkai). Pantang melakukan hal penting, misal seperti Pernikahan. Sangat pantang untuk menurunkan ternak berkaki empat dan sangat pantang untuk meng-import Sapi atau binatang kaki empat. Jika bepergian akan mudah terkena pengaruh orang lain. Pantangan untuk memulai membangun rumah atau gedung dan boyongan/pindah rumah atau kantor.

Tanggal 03 Maret (Selasa Legi) 2015: Wataknya Rahayu. Sangat baik untuk memulai menanam Pala Kapendhem, seperti Ketela, Ubi-ubian dan yang buahnya tertanam didalam tanah. Baik melakukan kegiatan Agrobisnis, cenderung mendulang untung.

Tanggal 04 Maret (Rabo Paing) 2015: Sangat baik untuk menjala ikan atau mengambil hasil laut, nelayan akan mendapat ikan/hasil laut yang lebih baik ketimbang pada hari-hari biasanya. Untuk membuat MoU (Memorandum of Understanding) bisnis perikanan sangat baik, cenderung mendulang untung, tetapi jika punya laku menyimpang dalam hal bisnis di laut maka akan banyak mengalami masalah. Hari ini juga baik untuk memulai memasang tumbal sawah.

Tanggal 05 Maret (Kamis Pon) 2015: hari ini masih sangat baik untuk menjala atau mencari ikan/hasil laut, pengaruh Batara Kuwera/dewanya kekayaan masih menyelimuti secara alami. Untuk bepergian baik, banyak rejeki. Akan tetapi pada hari ini setiap tindak harus cermat dan hati hati, karena hari ini adalah Satriya Wirang (mendapatkan malu besar). Jika tindakan anda tidak hati-hati maka di kemudian hari akan menuai malu besar.

Tanggal 06 Maret (Jumat Wage) 2015: baik untuk bersedekah atau melakukan bakti sosial, banyak manfaat karena sampai kepada alamat yang dimaksud. Watak hari Rahayu.

Tanggal 07 Maret (Sabtu Kliwon) 2015: baik untuk memulai membongkar bangunan yang sudah tidak layak pakai atau untuk didirikan bangunan baru. Sangat baik untuk kembali menyambung Tali Persaudaraan yang sempat terputus, hasilnya positif untuk masing-masing pihak.

Wuku Wuye dan Keris
Individu yang terlahir pada rotasi Wuku Wuye cenderung cocok dengan dhapur keris sebagai berikut:

  • keris dhapur Brojol
  • keris dhapur Semar Tinandhu
  • keris dhapur Sutomo Bandhung
  • keris dhapur Sempono/Sempana/Supono
  • keris dhapur Rorosiduwo
  • keris dhapur Pandhawa/Pandowo

Karakter Wuku Wuye
Wuku Wuye dibawah pengaruh Bathara Kuwera (simbol dewanya kekayaan).

  • Kayunya: Pohon Tal. 
  • Watak: Panjang Usia
  • Simbol Burung: Burung Gogik yang bermakna cemburuan, pemikirannya tajam dan cerdas, ikhlas dalam segala hal kepada sang kekasih. Akan tetapi, jika keinginan dan perintahnya tidak dituruti cenderung mudah putus asa.
  • Posisi Apes/Kala : berada di Barat, menghadap Timur. Saat rotasi Wuku Wuye dari tanggal 01 Maret - 07 Maret (Minggu Wage hingga Sabtu Kliwon) tahun 2015, seyogyanya menghindari perjalanan jauh ke arah Barat.

Wuku Wuye dan Mangsa
Wuku Wuye dalam minggu ini masuk didalam Pranoto Mongso Kasongo. 
Candranya: Wedharing Wacana Mulya". Mongso Gangsir ngenthir, Gareng ngereng. Pari mrekatak. Bayi lahir ing mongso iki watakke ngembreh. Ora demuwe.
Artinya:
Munculnya ungkapan pada kemulyaan hidup. Tapi hanya sebatas "wicara" (wacana dalam pengertian minim tindakan), tanpa diimbangi bentuk nyata. Gangsir (sejenis jengkerik) pamer suaranya yang nyaring dan Gareng pung (jenis serangga yang besar) pamer suara yang memekakkan telinga. Banyak orang yang menyuarakan janji manis yang palsu. Bayi yang terlahir pada mongso ini wataknya tidak bisa hemat.


***





Komentar

Baca Juga:

Minggu Wuku Warigagung (21-27 Juni 2015): Netralisir Enerji Negatif, Membuat Pusaka, dan Perburuan Batu Mulia

Minggu Wuku Kurantil, 24-30 Mei 2015, Kehati-hatian Berniaga, Antisipasi "Nuju Pati"

Minggu WUKU KURUWELUT (25-31 Januari 2015): SATRIA WIRANG dan TALI WANGKE: 25-31 Januari 2015

Minggu WUKU PAHANG DAN FILOSOFI KERIS, 18-24 Januari 2015

Wuku Prangbakat Tanggal 4-10 September 2022 Ketahanan Pangan

Minggu/Wuku Julung Pujud, 9-15 Agustus 2015: Kehati-hatian Menyusun Strategi Politik

Minggu Wuku Warigalit, 14-20 Juni 2015, Berburu Batu Akik dan Tirakat "Pilkada"

Minggu Wuku Sinta, 3-9 Mei 2015, Membuka Peternakan Skala Besar

Wuku Sinta Minggu Pahing 23 Oktober 2022 Kolaborasi Bisnis Peternakan

Minggu/Wuku Pahang 16-22 Agustus 2015: Pasangan Ideal dalam Pilkada (Pahang, Wugu dan Gumbreg)