WangSit

Wuku Sinta Minggu Pahing 23 Oktober 2022 Kolaborasi Bisnis Peternakan

Gambar
Watugunung, gugur. Mitologi pawukon ( astrology ) kali ini akan membuka kembali pemaknaan atas rotasi waktu, karakter orang, dan karakter hari . Wuku Sinta adalah wuku ( zodiac ) pertama dalam siklus pawukon ( astrology ). Dalam urutan zodiak Yunani,  Wuku Sinta  setara dengan zodiak  Aries  yang menempati urutan pertama. ~ Manuskrip Pawukon ~ Masing-masing wuku juga mempunyai pasangan mitologis seperti halnya zodiak. Mitologi Yunani kuno menyatakan, zodiak Aries berpasangan dengan Dewa Ares, sedangkan mitologi pawukon memberikan gambar-gambar simbolik bahwa wuku Sinta berpasangan dengan Bathara Yamadipati.  Untuk mengetahui tanggal kelahiran Anda termasuk dalam siklus Wuku Sinta atau tidak, Anda bisa menghitung sendiri melalui situs  BabadBali.com .  Data kelahiran Anda secara otomatis akan terkonversi pada wuku tertentu.  Mitos Dewa Ares dan Bathara Yamadipati mempunyai kemiripan karakter yakni sama-sama berkarakter pencabut nyawa. Dewa Ares mencabut nyawa orang melalui pertempuran,

Minggu/Wuku Madangkungan 13-19 September 2015


Mpu Totok Brojodiningrat,
Museum Keris "Neka", Ubud Bali.


Wuku Madangkungan, dalam minggu ini memasuki Mongso Kapat.

"Waspo Kumembeng Jroning Kalbu".  Mangsane Tuk podho mampet lan sumur podho asat.  Wit randu wiwit pentil. Manuk manyar gawe susuh. Bayi lahir ing mongso iki watakke resikkan. 

Artinya: "Air mata menggenang tertahan dalam telaga sanubari", banyak orang sedih hatinya tanpa bisa mengeluarkan air mata. Sumber-sumber mata air tersumbat, sumur pada kekeringan. Pohon randu mulai berbuah, burung manyar membuat sarang. Bayi yang terlahir pada mongso Kapat wataknya suka kepada kebersihan atau rapi.

Bathara Basuki
Simbol Padewan Wuku Madangkungan

Wuku Madangkungan dibawah pengaruh dewa bumi Batara Basuki. Durasi dari tanggal 13 September 2015 ~ 19 September 2015 (Minggu Kliwon ~ Sabtu Legi).

Tanggal 13 September 2015 (Minggu Kliwon): Hari ini adalah Lebu Katiyup Angin (Apa yang diperjuangkan atau dilakukan, seperti debu yang tertiup angin, sia sia tanpa hasil). Tetapi bagus untuk memasang atau membuat syarat Tolak Balak. Untuk memasang landeyan/tangkai tombak bagus angsarnya.

Tanggal 14 September 2015 (Senin Legi): Baik untuk menjalin kerja sama/kongsi dagang. Baik untuk menanam modal. Memulai berdagang terutama dalam bidang agrobisnis sangat baik. Untuk menyimpan padi dilumbung atau gudang sangat baik.

Tanggal 15 September 2015 (Selasa paing): Hari ini Satriya Wirang, hati-hati didalam mengambil langkah dan keputusan penting, karena akan mendapat malu besar pada ujungnya. Untuk memasang tumbal sawah atau pertanian sangat baik. Memasang landeyan atau tangkai tombak sangat baik.

Rotasi Hari dan Posisi Kala (di Timur)
Wuku Madangkungan

Tanggal 16 September 2015 (Rabu Pon): Banyak orang menebar "Wisa mandi". Fitnah bertebaran dimuka bumi, tidak baik untuk ditanggapi karena akan sangat merugikan diri sendiri.

Tanggal 17 September 2015 (Kamis Wage): Bepergian urusan dagang yang ada kaitannya dengan bidang pangan sangat baik, cenderung meraup untung dan sukses. Begitu juga dengan pekerjaan atau kegiatan lainnya, berdampak baik.

Tanggal 18 September 2015 (Jumat Kliwon): Hari ini Bangas Padewan, seyogyanya tidak untuk mantu, boyongan rumah, memulai membangun perkantoran, hotel dan tempat usaha lainnya.

Tanggal 19 September 2015 (Sabtu Legi): Baik untuk memulai membongkar bangunan seperti rumah dan lain sebagainya. Sangat baik untuk kulakan barang dagangan, cenderung mendulang untung.

Wuku Madangkungan keris yang cocok antara lain adalah: Keris dapur Sabuk Inten, keris dapur Sabuk Tampar, keris dapur Carang Soka, keris dapur Pandawa.

Ilustrasi: Keris Dhapur Carangsoka
Kolektor: Cakra Wiyata
Foto: anom (Pameran DPR-RI, 2015)


Wuku Madangkungan, batu permata atau akik yang cocok: Berlian, batu kolang kaling, kecubung es, manik banyu (mustika air).

Berlian, Pilihan Batu Permata
Orang Ber-Wuku Madangkungan
Sumber Foto: Detik.Com

Pasangan ideal bagi wuku Madangkungan dalam Pilkada adalah: Wuku Sungsang dan Wuku Watu Gunung.
Kedudukan Wuku Madangkungan (Timur)

Wuku Madangkungan: Dewanya Batara Basuki.
Kayunya: Plasa. Menjadi kembang hutan.
Burungnya: Pelung. Wataknya sangat tertarik pada air. Mata pencahariannya dilaut. Kelak akan mempunyai budi yang baik. Ikhlas kepada takdir. Bicaranya banyak.
Celakanya: Bisa terbunuh dimalam hari.
Kala/apesnya: di Timur. Selama 7 (tujuh) hari di saat memasuki wuku Madangkungan jangan melakukan perjalanan jauh ke arah Timur.

Manuskrip Pawukon
Koleksi: Museum Keris Brojobuwono
(Karanganyar, Jawa Tengah)

Komentar

Baca Juga:

Minggu WUKU PAHANG DAN FILOSOFI KERIS, 18-24 Januari 2015

Minggu Wuku Gumbreg, 7 -13 Juni 2015, Turunnya Wahyu Kepemimpinan di Ratawu

Minggu WUKU KURUWELUT (25-31 Januari 2015): SATRIA WIRANG dan TALI WANGKE: 25-31 Januari 2015

Minggu/Wuku Wuye 27 September-3 Oktober 2015: Berpasangan Ideal dalam Pilkada dengan Landhep-Kuningan, Bercincin Sunkist Borneo

Minggu Wuku Kulawu, 12-18 April 2015, Hari Baik Memutuskan UU dan Penetapan Hukum

Minggu Wuku Marakeh, 1-7 Februari 2015, Saat Membongkar Bangunan

Profil Mpu Totok Brojodiningrat

Minggu Wuku Maktal, 22-28 Februari 2015, Kehati-hatian dalam Investasi

Minggu Wuku Julung Pujud, 11-17 Januari 2015: Tumbuhnya Generasi Paripurna

Minggu Wuku Manahil, 8-14 Maret 2015, Memulai Tanaman Bunga dan Bisnis Properti