WangSit

Wuku Sinta Minggu Pahing 23 Oktober 2022 Kolaborasi Bisnis Peternakan

Gambar
Watugunung, gugur. Mitologi pawukon ( astrology ) kali ini akan membuka kembali pemaknaan atas rotasi waktu, karakter orang, dan karakter hari . Wuku Sinta adalah wuku ( zodiac ) pertama dalam siklus pawukon ( astrology ). Dalam urutan zodiak Yunani,  Wuku Sinta  setara dengan zodiak  Aries  yang menempati urutan pertama. ~ Manuskrip Pawukon ~ Masing-masing wuku juga mempunyai pasangan mitologis seperti halnya zodiak. Mitologi Yunani kuno menyatakan, zodiak Aries berpasangan dengan Dewa Ares, sedangkan mitologi pawukon memberikan gambar-gambar simbolik bahwa wuku Sinta berpasangan dengan Bathara Yamadipati.  Untuk mengetahui tanggal kelahiran Anda termasuk dalam siklus Wuku Sinta atau tidak, Anda bisa menghitung sendiri melalui situs  BabadBali.com .  Data kelahiran Anda secara otomatis akan terkonversi pada wuku tertentu.  Mitos Dewa Ares dan Bathara Yamadipati mempunyai kemiripan karakter yakni sama-sama berkarakter pencabut nyawa. Dewa Ares mencabut nyawa orang melalui pertempuran,

Minggu/Wuku Tambir, 6-12 September 2015: Pasangan Ideal Pilkada (Tambir, Dukut, Julungwangi), Ber-Cincin Batu Ruby

Mpu Totok Brojodiningrat,
Kirab Acara "Kongres Nasional I", Surakarta, 2011


Wuku Tambir, dalam minggu ini durasi dari tanggal 06 September 2015 ~ 12 September 2015 (Minggu Pon ~ Sabtu Wage), dibawah pengaruh Mongso Katelu.

Mongso Katelu: "Suto Manut Bopo". Mangsane lung lungan podho merambat inglanjarane, pring lan empon empon liyane podho ngebung (nukul). Polowijo mangsane panen. Bayi lahir ing mongso iki watakke kumer anteng. 

Artinya: "Anak Menurut pada Bapak/Orang Tua". Waktunya jenis tanaman merambat, terus menerus bergerak mencari rambatannya. Rumpun bambu dan tanaman sejenis kunyit, jahe, lengkuas dan lain-lain mulai tunas. Tanaman palawija panen. Bayi yang terlahir pada mongso ini anaknya pendiam.

Kedudukan Wuku Berdasarkan 8 Penjuru Mata Angin dan "Atas-Bawah"

Orang yang terlahir ber-Wuku Tambir, pasangannya yang ideal didalam Pilkada adalah orang yang terlahir ber-Wuku Dukut dan Wuku Julung Wangi.

Ilustrasi:Manuskrip Pawukon
Koleksi: Museum Keris Brojobuwono, Karanganyar, Jateng

Tanggal 06 September 2015 (Minggu Pon): Jangan memberangkatkan delegasi, tidak baik, akan mendapatkan malu.

Karakter Hari dan Posisi Kala
Minggu/Wuku Tambir
Tanggal 07 September 2015 (Senin Wage): Hari ini Sampar Wangke (Tersandung Mayat), tidak baik untuk melakukan hubungan intim, berpengaruh pada kesehatan rokhani dan jasmani. Hindari melakukan hal hal yang penting, seperti pernikahan, memulai membangun rumah, hotel, gedung, tempat usaha, boyongan/pindah rumah. Jangan memotong atau memanen bambu atau pohon bergetah, akan mudah dimakan bubuk dan mudah hancur. Untuk memasang landeyan tombak sangat baik. Melakukan perniagaan juga baik dan cenderung mendulang untung.

Tanggal 08 September 2015 (Selasa Kliwon): Sangat baik untuk menanam tanaman pala gumantung/pohon yang berbuah, akan bagus hasilnya. Untuk memulai usaha agrobisnis sangat baik.

Tanggal 09 September 2015 (Rabo Legi): Sebaiknya menghindari perjalanan jauh atau perjalanan penting, kelak dikemudian hari akan menimbulkan masalah atau kendala.

Tanggal 10 September 2015 (Kamis Paing): Sebenarnya sangat baik untuk memulai menanam padi jika sistem pertanian dilakukan seperti para leluhur Nusantara dahulu. Baik untuk usaha agrobisnis. Menanam modal cenderung mendulang untung. Akan tetapi setiap langkah harus hati hati karena hari ini adalah Lebu Katiyup Angin (debu yang diterbangkan angin)

Tanggal 11 September 2015 (Jumat Pon): Sangat baik untuk berniaga, terutama urusan Pangan dan sandang. Bisnis property atau perumahan, apartement, kos-kosan sangat bagus dan akan berkembang dengan cepat. Hari ini masih Lebu Katiyup Angin, hati-hati didalam setiap tindakan agar tidak merugi.

Tanggal 12 September 2015 (Sabtu Wage): Hari ini adalah Satriya Wirang (mendapat malu), hati-hati didalam mengambil keputusan atau langkah penting, terutama yang terkait dengan kepentingan banyak orang. Untuk berniaga, baik.

Bathara Siwah
Simbol Minggu/Wuku Tambir
Wuku Tambir, dewanya Batara Siwa. "Batara Siwa dalam lahirnya baik, akan tetapi didalam batinnya sering mengharapkan hasil."
Kayunya: Upas, tidak bisa digunakan sebagai pelindung.
Burungnya: Prenjak. Besar kemauannya. Senang memuji dirinya sendiri.
Tambir Anggara kasih upas racun, maknanya: budinya tidak baik. Celakanya kena fitnah.
Kala/apes: di Barat daya. Selama tujuh hari jangan pergi jauh ke arah Barat Daya.

Wuku Tambir, batu permata atau batu akik yang cocok adalah:

  • Ruby, 
  • Red baron, 
  • Merah siyam.


Keris yang cocok bagi wuku Tambir:

  • Keris dapur Kebo Lajer, 
  • Keris dapur Kebo Teki, 
  • Keris dapur Tebu Sauyun, 
  • Keris dapur Bethok, 
  • Keris dapur Sangkelat, 
  • Keris dapur Pandawa.




Komentar

Baca Juga:

Minggu Wuku Warigagung (21-27 Juni 2015): Netralisir Enerji Negatif, Membuat Pusaka, dan Perburuan Batu Mulia

Minggu WUKU KURUWELUT (25-31 Januari 2015): SATRIA WIRANG dan TALI WANGKE: 25-31 Januari 2015

Minggu Wuku Kurantil, 24-30 Mei 2015, Kehati-hatian Berniaga, Antisipasi "Nuju Pati"

Wuku Prangbakat Tanggal 4-10 September 2022 Ketahanan Pangan

Minggu/Wuku Julung Pujud, 9-15 Agustus 2015: Kehati-hatian Menyusun Strategi Politik

Minggu Wuku Warigalit, 14-20 Juni 2015, Berburu Batu Akik dan Tirakat "Pilkada"

Wuku Sinta Minggu Pahing 23 Oktober 2022 Kolaborasi Bisnis Peternakan

Minggu WUKU PAHANG DAN FILOSOFI KERIS, 18-24 Januari 2015

Minggu/Wuku Pahang 16-22 Agustus 2015: Pasangan Ideal dalam Pilkada (Pahang, Wugu dan Gumbreg)

Minggu Wuku Sinta, 3-9 Mei 2015, Membuka Peternakan Skala Besar