WangSit

Wuku Sinta Minggu Pahing 23 Oktober 2022 Kolaborasi Bisnis Peternakan

Gambar
Watugunung, gugur. Mitologi pawukon ( astrology ) kali ini akan membuka kembali pemaknaan atas rotasi waktu, karakter orang, dan karakter hari . Wuku Sinta adalah wuku ( zodiac ) pertama dalam siklus pawukon ( astrology ). Dalam urutan zodiak Yunani,  Wuku Sinta  setara dengan zodiak  Aries  yang menempati urutan pertama. ~ Manuskrip Pawukon ~ Masing-masing wuku juga mempunyai pasangan mitologis seperti halnya zodiak. Mitologi Yunani kuno menyatakan, zodiak Aries berpasangan dengan Dewa Ares, sedangkan mitologi pawukon memberikan gambar-gambar simbolik bahwa wuku Sinta berpasangan dengan Bathara Yamadipati.  Untuk mengetahui tanggal kelahiran Anda termasuk dalam siklus Wuku Sinta atau tidak, Anda bisa menghitung sendiri melalui situs  BabadBali.com .  Data kelahiran Anda secara otomatis akan terkonversi pada wuku tertentu.  Mitos Dewa Ares dan Bathara Yamadipati mempunyai kemiripan karakter yakni sama-sama berkarakter pencabut nyawa. Dewa Ares mencabut nyawa orang melalui pertempuran,

Minggu Wuku Gumbreg, 7 -13 Juni 2015, Turunnya Wahyu Kepemimpinan di Ratawu


Mpu Totok Brojodiningrat, Memimpin ritual kirab Tombak Pusaka
"Kyai Kali Pepe" untuk Kelurahan Sudiprajan, Pasar Gede, Surakarta, Jateng (2015)


Wuku Gumbreg, durasi dari tanggal 07 Juni 2015 ~ 13 Juni 2015 ( Minggu Paing ~ Sabtu Pon ).

Tanggal 07 Juni 2015 ( Minggu Paing ): Tidak baik untuk bepergian jauh dan urusan penting. Untuk segala urusan banyak terjadi kebuntuan.

Tanggal 08 Juni 2015 ( Senin Pon ): Di bumi manusia banyak mengalami kesialan.

Lukisan Pawukon, Wuku Gumbreg
Tanggal 09 Juni 2015 ( Selasa Wage ): Sangat baik untuk upaya pengobatan orang Stres bahkan orang gila, cenderung cepat maendapat kesembuhan. Apalagi disyarati tangannya di-baluri dengan kulit pohon Turi yang sudah ditumbuk lembut. Untuk kulakan ternak berkaki 4 dan berkaki 2 sangat bagus. Akan tetapi sebaiknya menghindari pekerjaan atau kegiatan yang penting/diperlukan, seperti mendirikan rumah, boyongan rumah, khitanan dan mantu. Hari ini bertepatan dengan Lebu Katiyup angin. Banyak perjuangan yang sia-sia seperti debu yang tertiup angin.

Tanggal 10 Juni 2015 ( Rabo Kliwon ): Rahayu. Baik untuk memulai membabar/membuat pusaka seperti keris, tombak dll. Baik untuk melakukan Mahar/Mas kawin untuk pusaka keris, tombak dan pusaka-pusaka lainnya. Untuk mencari jodoh pendamping hidup sangat baik. Hari ini juga hari Lebu Katiyup Angin.

Tanggal 11 Juni 2015 ( Kamis Legi ): Rahayu. Baik untuk bepergian. Untuk segala keperluan dan pekerjaan juga baik hasilnya.

Tanggal 12 Juni 2015 ( Jum'at Paing ): Hari ini bertepatan Bangas Padewan, tidak baik untuk Mantu atau punya hajad penting seperti Nikahan dan Khitanan.

Tanggal 13 Juni 2015 ( Sabtu Pon ): Rahayu, cenderung banyak rejeki beruntun pada hari ini. Siklus kondisi alam pada hari ini banyak berpihak kepada penghuninya jika pola pikir dan perilaku selaras dengan kehendak alam.

Bathara Cakra, Simbol Wuku Gumbreg
Wuku Gumbreg dibawah pengaruh Dewa Bumi Batara Cakra. Kayunya: Waringin/Beringin. Bisa menjadi tempat berlindung bagi yang membutuhkan. Burungnya: Ayam hutan. Disayang bangsawan atau priyagung. Perintahnya dingin didepan tetapi panas dibelakang, artinya, cara memerintah tenang tapi harus terlaksana apa yang diperintahkannya. Wuku Gumbreg: Geter pater wong tiningku abane, artinya: orang pada segan membantah perintah atau intruksinya. Celakanya: Jika Tenggelam. Kala/Apesnya: berada di Selatan menghadap utara. Selama durasi wuku Gumbreg dari tanggal 07 Juni ~ 13 Juni 2015 ( Minggu Paing ~ Sabtu Pon ) jangan melakukan perjalanan jauh ke arah Selatan.

Catatan: wuku Gumbreg dibawah pengaruh Batara Cakra, dewa lambang Sastra dan Budaya juga yang menguasai Pustaka, maka selama wuku Gumbreg sangat bagus sekali untuk mendalami pustaka-pustaka kuna, akan lebih sangat mudah merasuk dalam jiwa. Konon Batara Cakralah yang menurunkan pustaka/kitab Jitabsara dan ajaran Hasta Brata/Astabrata kepada bagawan Palasara (disebut juga Parasara) di pertapaan Ratawu, yaitu kawruh tentang doktrin kepemimpinan dan ketatanegaraan. Ajaran Astabrata itu juga diberikan Begawan Kesawasidi kepada Risang Dananjaya.

Wuku Gumbreg, keris yang cocok adalah: keris dapur Jalak Sangu Tumpeng, keris dapur Jalak Dinding/Diding. Keris dapur Jalak Sumelang gandring, keris dapur Jalak Tilam sari. Keris dapur Jalak Ngore. Keris dapur Condong Campur, keris dapur Panimbal.

Wuku Gumbreg kali ini masuk dalam Pranoto Mongso Sadha. Dengan condronya mongso: "Tirta sah Saking Sasana" Mongso Bediding, arang wong kringeten, mangsane bubar panen. Bayi kang lahir ing mongso iki watakke Sedengan.




Komentar

Baca Juga:

Minggu Wuku Warigagung (21-27 Juni 2015): Netralisir Enerji Negatif, Membuat Pusaka, dan Perburuan Batu Mulia

Minggu Wuku Kurantil, 24-30 Mei 2015, Kehati-hatian Berniaga, Antisipasi "Nuju Pati"

Minggu WUKU KURUWELUT (25-31 Januari 2015): SATRIA WIRANG dan TALI WANGKE: 25-31 Januari 2015

Minggu WUKU PAHANG DAN FILOSOFI KERIS, 18-24 Januari 2015

Wuku Prangbakat Tanggal 4-10 September 2022 Ketahanan Pangan

Minggu/Wuku Julung Pujud, 9-15 Agustus 2015: Kehati-hatian Menyusun Strategi Politik

Minggu Wuku Warigalit, 14-20 Juni 2015, Berburu Batu Akik dan Tirakat "Pilkada"

Minggu Wuku Sinta, 3-9 Mei 2015, Membuka Peternakan Skala Besar

Wuku Sinta Minggu Pahing 23 Oktober 2022 Kolaborasi Bisnis Peternakan

Minggu/Wuku Pahang 16-22 Agustus 2015: Pasangan Ideal dalam Pilkada (Pahang, Wugu dan Gumbreg)